Nirmala Cup IV

June 26, 2010 in Lomba

Putu Era Larasati meraih medali emas

Putu Era Larasati meraih medali emas

Group Nirmala untuk keempat kalinya mengadakan kejuaraan renang kelompok umur Nirmala Cup IV. Kejuaraan yang berlangsung selama 2 hari, 26-27 Juni 2010 ini diikuti lebih dari 300 peserta dari 15 klub renang di Bali. Turur berperan serta dalam kejuaraan kali ini grup renang dari SMA 5 Surabay dan perenang nasional Andi Wibowo.

(Berita Radar Bali)

Pramastri Bintang Nirmala Cup IV 2010

DENPASAR – Kejuaraan renang Nirmala Cup IV/2010 di kolam renang Nirmala Tirta, kemarin (27/6) berakhir. Juara bertahan Elang Laut masih mendominasi dengan kembali mempertahankan gelar. Bahkan Elang Laut menorehkan catatan quat-trick setelah empat kali juara umum beruntun.

Dalam kejuaraan yang berlangsung sejak Sabtu (26/6) lalu, Elang Laut yang pada hari pertama mengumpulkan 20 medali emas, kemarin berhasil menambah 14 keping emas. Raihan ini menempatkan klub yang ditangani oleh Wayan Wiartha ini berhasil mengumpulkan total 34 emas, 24 perak dan 16 medali perunggu. Raihan tersebut menempatkan mereka di posisi pertama dan juga juara umum untuk kali keempat ajang ini dilangsungkan.

Tambahan medali Elang Laut tersebut masing-masing dipersembahkan oleh Ni Putu Eka Gloria Puspawan yang turun di KU-IV putri dengan tujuh medali emas. Raihan yang sama juga dipersembahkan oleh I Putu Takahide Valentino yang turun di KU-I senior putra serta beberapa perenang lainnya yang rata-rata menyumbangkan tiga medali emas.

“Ini hasil yang maksimal dari anak-anak. Sebab target mereka sama seperti kami, yakni mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada ajang tahun lalu,” ujar Wiartha usai kejuaraan kemarin.

Tidak hanya mempertahankan gelar, Elang Laut yang menurunkan hampir semua perenang yang dimilikinya juga berhasil menambah perolehan total emas, dibanding raihan emas di ajang yang sama sebelumnya yang hanya mampu merebut 28 medali emas.

Sementara itu, posisi kedua ditempati klub renang Telaga Biru yang hingga usainya kejuaraan kemarin mengumpulkan total 19 emas, 19 perak dan 18 perunggu. Untuk posisi ketiga dan keempat berturut-turut ditempati klub renang Bali Pari (12 emas, 17 perak dan 13 perunggu) dan klub renang Barracuda dengan raihan 11 emas, sembilan perak dan delapan medali perunggu.

Putu Sukertia, salah seorang panitia ajang ini mengungkapkan, untuk even ini memang banyak peserta yang ikut ambil bagian. Bahkan kemampuan para perenang yang tampil mampu mencatatkan waktu terbaik termasuk adanya beberapa rekor yang berhasil dipecahkan

Untuk Bintang Juara sendiri menurut Sekum Pengcab PRSI Badung ini berhasil digenggam oleh perenang Barracuda, Ni Made Paramastri. Gadis yang saat ini bersekolah di SMAN 1 Blahbatuh, Gianyar ini mampu mengoleksi delapan medali emas dan satu medali perak. Medali terbanyak yang berhasil dikumpulkan oleh satu orang perenang.

“Dia (Paramastri, Red) turun di KU-I senior putri, raihaannya mampu melampaui raihan Takahide dan Eka Gloria yang menjadi andalan Elang Laut yang masing-masing mengumpulkan tujuh medali emas,” imbuhnya. (wid)

Upacara Pembukaan

Upacara Pembukaan

Hari Pertama Renang Nirmala Cup IV/2010

DENPASAR - Hari pertama kejuaraan renang Nirmala Cup IV/2010 di kolam renang Nirmala Tirta, Denpasar didominasi para perenang asal Elang Laut Swimming Club.

Dari 44 medali emas yang diperebutkan di hari pertama kemarin (26/6), Elang Laut yang menyertakan semua perenang yang dimilikinya mampu menggondol 20 medali emas, sembilan perak dan 10 medali perunggu yang menempatkan keposisi pertama klasemen sementara perolehan medali.

Raihan medali emas tersebut masing-masing dipersembahkan oleh beberapa perenangnya yang turun di beberapa nomor yang dipertandingkan. Dimulai dari aksi andalannya di KU-I senior putra, Putu Takahide Valentino yang menyabet lima medali emas dari 100 meter dan 50 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya ganti perorangan, 100 meter gaya punggung dan 50 meter gaya bebas.

Sedangkan juniornya di KU-IV putri, Ni Putu Eka Gloria menyumbangkan empat medali emas, masing-masing di nomor 100 meter dan 50 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya punggung dan nomor 50 meter gaya bebas.

” Untuk yang lainnya ada beberapa yang menyumbangkan emas, seperti Dewa Gede Anom Artha Tanaya yang turun di KU-IV dengan tiga emas, Ricky Darmawan di KU-III juga dengan tiga emas, I Putu Oky Arista Sutika di KU-III putra dengan dua emas dan beberapa perenang lainnya,” ujar Wayan Wiartha, pelatih renang Elang Laut kemarin (26/6).

Dengan raihan ini, peluang Elang Laut menggondol gelar juara umum sekaligus mempertahankan gelar juara umum tersebut semakin dekat. Mengingat dalam even yang sama tahun lalu, Elang Laut yang menjuarai ajang ini berhasil membawa pulang total 28 medali emas.

Sementara itu posisi kedua perolehan medali hingga kemarin ditempati klub renang Telaga Biru yang berhasil mengumpulkan delapan medali emas, 12 perak dan 11 medali perunggu. Disusul Bali Pari dengan tujuh emas, sembilan perak dan lima perunggu.

“Untuk hari pertama ini cukup banyak rekor yang tercipta. Ini menandakan kemampuan atlet yang ikut ambil bagian semakin meningkat. Catatan waktu yang diraih para perenang mengalami kemajuan,” ujar Putu Sukertia, salah seorang panitia kejuaraan ini.

Sukertia yang juga merupakan Sekum Pencab PRSI Badung menambahkan, rekor yang tercipta di hari pertama dari setengah dari total (88 nomor pertandingan, Red) nomor pertandingan yang dipertandingkan tercatat 18 rekor baru. Rekor tersebut antara lain dipecahkan oleh Takahide (Elang Laut, Red) dengan empat rekor baru, Ni Putu Era Larasati dan Ni Putu Rizkyta Putri (Bali Pari, Red) dan Oky Ariska masing-masing dengan dua rekor baru.(wid)